Pengumuman

Juara LAMB

Berdasarkan Surat Keputusan Dewan Juri Lomba Animasi Mitigasi Bencana (LAMB) 2019 NO. 01/LAMB-01/10/2019, dewan juri memutuskan juara-juara LAMB 2019 adalah nama-nama yang tertulis di bawah ini. Keputusan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

KELOMPOK SD/MI/SMP/MTS

Adnan Fajri Listya, SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang Jawa Tengah.

KELOMPOK SMA/SMK/MA

Juara I: tim Pencari Beasiswa yang beranggotakan Hezkiel Chandra, Yolanda Anggieta Florentine, dan Stiven Suyanto dari SMK Daan Mogot Kota Tangerang Banten,

Juara II: tim Hikmah Animations yang beranggotakan Alfin Shidqi, Fanji Hastomo, Hafis Putra Santoso, Fahmi Surya Hidayat dari SMA Alhikmah Kota Batu Jawa Timur,

Juara III: tim Micin yang beranggotakan oleh Annisa Zahra Hakim, Maria Avillavianny Intana, Abdul Azis, dan Ramadhan Nuzurul Hidayatullah dari SMKN I Kota Depok Jawa Barat.

KELOMPOK MAHASISWA/UMUM

Juara I : studio Gromore dari Kabupaten Ponorogo Jawa Timur,

Juara II: studio XYZ_team dari Kota Semarang Jawa Tengah,

Juara III: studio Ndopokan dari Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah.

Juara Terpopuler: Blessings dengan karya "Semarang Siap Siaga | Mitigasi Bencana Longsor"

Latar Belakang

Substansi dan esensi dari penentuan juara terpopuler adalah memberikan motivasi bagi peserta untuk meningkatkan performa channel peserta lomba dan memberikan syiar mitigasi bencana terhadap audiennya.

 Sportifitas dan cara yang baik yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila dalam meraih juara adalah inti dari penyelenggaraan kompetisi ini.

Ringkasan Perubahan Aturan Penentuan Juara Terpopuler

Rancangan aturan dalam penentuan juara berdasarkan kualitas karya dengan penilaian dari juri tidak ada perubahan. Berbeda halnya dengan rancangan aturan dalam penentuan juara terpopuler yang menggunakan teknik voting, dan membebaskan audien dunia maya memberikan poin terhadap karya peserta untuk diakumulasi sebagai dasar penentuan juara terpopuler.

Khusus untuk juara terpopuler, kami mengakui bahwa niat baik dan berpikir positif dalam keberlangsungan lomba kurang disertai dengan rancangan aturan penentuan juara terpopuler yang dapat menjaga hasil yang dilandasi sportifitas dan kepatutan. Pada awal pembuatan rancangan, kami meyakini peserta dapat menjaga moralitas dalam pencapaian suatu tujuan. Pada perkembangannya terdapat celah dalam aturan yang membuat penyelenggara harus menyesuaikan aturan penentuan juara terpopuler agar celah tersebut tidak dapat dimanipulasi.

Pada perjalanan proses pencarian juara terpopuler, berdasarkan pengamatan panitia dan masukan dari peserta, kami melihat celah dalam aturan penentuan juara terpopuler yang memungkinkan penggunaan mesin/robot untuk otomatisasi comment, atau mesin promosi untuk meningkatkan jumlah comment secara instant. Youtube melarang penggunaanmesin-mesin tersebut. Teknik yang umum dan sportif adalah mempromosikan secara manual melalui komunitas di media sosial seperti di Facebook, Instagram, dan yang lainnya.

Pada kasus penggunaan mesin/robot, kami mudah untuk mengindikasikan karya yang memanfaatkan mesin/robot, tetapi memakan waktu untuk pembuktiannya. Kami sangat berterima kasih dan sangat menghargai partisipasi peserta, oleh karenanya kami harus sangat berhati-hati untuk hal-hal yang terkait dengan kecurangan. Menurut kami, report dari Youtube yang secara jelas menyatakan kanal menggunakan mesin/robot adalah hal yang harus dilakukan untuk membuktikan kecurangan.

Kami mencari masukan dan saran dari penyelenggara, juri, pakar TI dan media sosial, untuk permasalahan ini. Keputusannya adalah perubahan aturan penentuan juara terpopuler. Dengan pertimbangan bahwa sesuai aturan lomba bahwa penyelenggara berhak mengubah aturan selama pelaksanaan lomba; pelaksanaan lomba belum selesai (yang ditutup hanya penghitungan comment); dan juara terpopuler belum diputuskan. Perubahan aturan penentuan juara terpopuler dilakukan.

Perubahan aturan penentuan juara terpopuler adalah dengan menambahkan rumusan untuk menilai kualitas komentar berdasarkan kejelasan komentar atas relevansi isi komentar terhadap mitigasi bencana dalam konten lomba. Tim validasi untuk menilai kualitas komentar yang dapat dihitung dalam mencari juara terpopuler. Tim validasi diberi mandat untuk bekerja dengan hati-hati dan selalu menjaga integritas serta kredibilitas lomba. Terkait transparansi, hasil penilaian dari juara terpopuler diwajibkan untuk dipublikasikan secara daring agar dapat dilihat oleh masyarakat.

Aturan yang ditambahkan dalam penentuan juara terpopuler adalah: comment yang dapat dihitung untuk menentukan juara terpopuler adalah komentar yang SECARA EKSPLISIT mengandung relevansi yang JELAS antara mitigasi bencana yang disajikan dalam konten karya.

Berikut adalah contoh comment yang tervalidasi (dihitung untuk menentukan juara terpopuler) yang diambil dari beberapa peserta:

  • “Certoon,,,ghost pandai tegur buang sampah…terbaikla”,
  • “kebersihan adalah tanggungjawab kita bersama, jika bencana terjadi baru kita sadar”.
  • “Ayo jaga lingkungan! Jaga perasaan biar ga baper aja bisa, masa jaga lingkungan biar ga banjir aja susah? :v”
  • “Buat diam para pembakar hutan!!”
  • “Dengan ini anak² dan org dewasa jadi tau penyebab longsor dan anak² bisa mencegahnya”
  • “Yang seperti ini jadi wawasan biar paham penting nya waspada di sekitar kita ya guys”

Comment yang tidak tervalidasi (tidak dihitung untuk menentukan juara terpopuler) adalah:

  • Ucapan selamat yang dapat dihasilkan melalui mesin promosi, atau otomatisasi dari mesin/robot, seperti “nice video”, “good work”, “nice animations”, “very good”, “hmm ok I liked it”, “congrats”, “Keep up the good work”, dan yang lainnya.
  • Ucapan selamat di atas berimplikasi pada ucapan selamat dalam bahasa Indonesia, seperti “mantap”, “hebat”, “selamat”, “bagus”, “teruskan berkarya”, “semoga menang”, “memberikan edukasi”, “bermanfaat”, dan yang lainnya menjadi termasuk comment yang tidak tervalidasi.
  • Ucapan selamat dalam bahasa indonesi berimplikasi pada kata atau kalimat yang tidak secara eksplisit atau sama sekali tidak mengandung relevansi yang JELAS antara mitigasi bencana yang disajikan dalam konten karya, seperti ungkapan semangat, doa, dan yang lainnya menjadi termasuk comment yang tidak tervalidasi.
  • Serangkaian angka, contoh: 4865, 237, 65, dan yang lainnya.
  • Serangkaian huruf simbol, contoh “ 🙂 ”, “ -( “, “!!!!!!!!!!!!!! “, dan yang lainnya.
  • Serangkaian huruf yang tidak mudah dipahami atau tidak mengandung arti, contoh “cccc”, “gg”, “Hhajsjjs”, dan yang lainnya.
  • Serangkaian kombinasi huruf simbol dan angka, huruf simbol dan huruf, angka dan huruf yang tidak mudah dipahami atau tidak mengandung arti.
  • Kata-kata atau tulisan dalam bahasa asing selain bahasa Inggris, atau bahasa daerah.
  • Kata-kata dalam bahasa Inggris yang tidak secara eksplisit atau sama sekali tidak mengandung relevansi yang JELAS antara mitigasi bencana yang disajikan dalam konten karya.

Setelah melakukan evaluasi kondisi dan analisis permasalahan yang menghasilkan solusi dengan validasi comment dengan hasil validasi yang dibuka sebagai bukti transparansi, maka jumlah terbanyak comment berdasarkan penilaian tim validasi yang dikukuhan oleh juri, penyelenggara LAMB 2019 memutuskan bahwa Juara Terpopuler LAMB 2019 diraih oleh:

Kelompok: Blessings

Judul Karya: Semarang Siap Siaga | Mitigasi Bencana Longsor

Total Komentar yang didapatkan: 778

Komentar yang tervalidasi: 96

———————-

Berikut adalah 96 komentar untuk karya “Semarang Siap Siaga | Mitigasi Bencana Longsor” dari kelompok Blessings yang tervalidasi:

  1. Service Tv: Tetap waspada
  2. Hamid Sueb: Stop penebangan hutan
  3. ALFANA PICTURES: waspada bencana
  4. lela chanel: Lindungi hutan kita
  5. anak wesel: LONGSOR AWAS HATI HATI
  6. C Putra: Marilah kita bersahabat dengan alam
  7. Shela popo: Kita semua harus siap siaga bencana
  8. Mila: Mari kita semua rawat bumi ini
  9. Deni Wijaya: Peduli keselamatan
  10. reffynopian ganteng: hati hati buat kota semarang
  11. Chrisna Putra: Tanah longsor
  12. Sadil Ramdani: Stopp pertambangan
  13. Maya ismaya: Stop penebangan 
  14. 93 Chanel: Semoga kita semua d jauhkan dari marabahaya
  15. Maysella Tiara Miswantari: atuuut lomgsor uuu
  16. TK agus: Perlu bpbd bertindak dalam hal ini
  17. bayi sehat TV: BENCANA DMNA INI ??
  18. jeje: KURANGI RESIKONYA..
  19. wawan dea: smg bsa jaga alam
  20. Meli Lia: Bagus buat tau waswas sama bencana
  21. Valey02: Kenapa ga Indonesia siaga aja?
  22. Pengobatan Alternatif: tetep waspada setiap saat gan,
  23. hijab tv online: awas bencana
  24. Room Game: Lebih baik mencegah sejak dini dari pada sudah terjadi
  25. MENSTUBER: astaga semoga dilindungi kita semua
  26. Fans Kinoy: mengapa longsor berbahaya ?
  27. PEJUANG RECEH: dampak buruk dri longsor apa ?
  28. Bagas Supriyadi: Ini bagus banget mbak animasinya menhedukasi sekali buat warga seperti saya yang tinggal di lereng bukit, soalnya pernah ada beberapa gejala yang terjadi di daerah saya. Lanjutkan ya mbak
  29. man anna: bencana bisa terjadi kapan saja waspadalah
  30. Herman Purnomo: Jadilah orang yang peduli kepada lingkungan
  31. Sherin okuu: Wah bencana longsor cukup mengancam keamaman
  32. Valey01: Feat bnbpb kah?
  33. baper chanel: SEMARAAAAANG AWAS
  34. Minul: Edukasi buat kita semua sebagai warga bumi
  35. liana putrid: Itu mas nya yg genter menyelamatkan diri dari tanah longsor kok malah jalan sehat 😅😅
  36. Anak Kosan: kalo daerah perkotaan apa bisa terjadi longsor ?
  37. Ahmad Rizal: Dengan video ini kita bisa terus waspada
  38. Cherrybelle: rumahnya nenekku itu semaranf
  39. Kiky Puji Lestari: Waaa keren nih penjelasannya lengkap. Dan mudah dipahami. Bisa lebih waspada bencana longsor dan mencegah dg adanya kisi2 ini
  40. Tegar Rizki: Jaga kelestarian,agar terhindar dr bencana alam yg disebebkan manusia
  41. waskito prio: Benar benar harus waspada kepada longsor .. Siap siaga
  42. Natahey Bourt: Smoga slalu aman ya
  43. Cah Cb: Waspada itu penting
  44. RK Channel 2: bagus video animasinya berisi pengetahuan alam mantaf, siap siaga untuk semarang and waspada
  45. amanah gan: lumayan untuk menambah wawasan dan pemahaman soal bencana alam
  46. Tere Viann: Good video for education. But please…what is Ambles?? Ooppss..sorry just kidding. Anyway…good job,Guys. ❤👍 Thanks for sharing
  47. Lem Ban: Buat para netizen tetap waspada sama bencana alam
  48. Rafaelaa: Terus edukasi masyarakat dan anak anak agar paham terhadap bencana
  49. keep senang: 2020 nantik rawan longsong waspadalh
  50. Valey08: Informatif banget ni, coba untuk kedepannya bencana lain serta penanggulangannya deh
  51. ridoh ruma: apakah longsor sangat merugikan ?
  52. Desi Ratnasari: Ayo tanam 1000 pohon , cegah longsor banjir
  53. Kreasi Rumah: kita butuh penghijauan😁
  54. Sharing Experiences: Bermanfaat ka ! Saya sering ke semarang juga
  55. Xyroa Gaming: Jaga slalu bumi kita
  56. habib Ismail: Semoga semua bencana yg ada di Indonesia segera berakhir
  57. Evi Wijayanti: Intinya,lestatikan alam sekitar. Video ini bagus loh,spesifik ttg penyebab sm akibat gempa bumi
  58. Amin Kurnia Rio Pasha: Pas nih, konten bagus soal mitigasi bencana. Bisa mengedukasi yang nonton 👏🏻
  59. Ora Genah: Perlu diketahui pra bencana, bencana, dan pasca bencana
  60. Fandi Arya: Seperti hatimu , longsor
  61. Rara mintul: Sippp kita harus mengelola bencana menjadi tidak berbahaya bagi manusia
  62. Bagus Mercy: Smoga trhindr dari longsor
  63. Atang Sutardi: Ayo kawan-kawan kita harus waspada dan cermat dengan lingkungan kita
  64. Adikkecil: kadang kita terlalu nyaman ya.. sampe ga sadar bencana disekitar kita
  65. Kathleen Tobing: waspada bencana longsor sejak dini!!
  66. Goog: Harus segera di antisipasi biar tidak terjadi lebih parah
  67. Baharudin123: Bencana longsor memang tetap harus waspada apa lagi wilayah yang dekat dengan pergunungan
  68. KunyieL Wong Bi: smoga Kita smua dijauhkan dari bencana ya allah…
  69. Pojok Desa: Mantap kota semarang membuat mitigasi bencana tanah longsor untuk mengantisipasi bencana agar tidak ada korban 👍👍
  70. bang bestroh: Mantab bermanfaat… Hati2 yg daerah rawan longsor
  71. firmanfauzi: Semoga lingkungan kita selalu di jaga dari marah bahaya
  72. Bang Demon: Yang seperti ini jadi wawasan biar paham penting nya waspada di sekitar kita ya guys
  73. Serba Bisa: wah,, mantap banget, jdi bisa ngajarin anak2 ilmu alam,,
  74. Dewi Kartika: Semoga bermanfaat untuk masyarakat sekitar 😁🙏
  75. Ryz Nurlita: mantap konten nya peduli akan sekitar,proud lah😍🔥
  76. kyndaro channel: 👍 selalu waspada terhadap bncana longsor
  77. Rico Gunawan: Mantap konten tentang peduli lingkungan lanjukan 🙂
  78. Bagoeng Ndesoh: Mampir kesini gara gara story ig masnyaaa. Nggak sia sia kowe promosike mbe chat siji siji wong mass👍🏻 perjuangan tidak mengkhianati hasil…mantappp maju terus biar semua orang tahu mitigasi bencana👌🏻👌🏻
  79. Wandi Wijaya: Semoga bisa peduli terus terhadap lingkungan
  80. Galiha Nathe: Smoga lingkungan kita aman” saja
  81. Excel Naishar: Wahh bagus ni channel bisa jadi sarana pembelajaran sekaligus sumber informasi terkait penanggulangan, tak tunggu video sing lianee minn
  82. Sinta Beauty: Jangan lengah selalu waspada, cegah longsor. Animasinya joss banget
  83. Crypto Hunt: Semua harus sedia payung sebelum hujan untuk menghadapi bencana alam yang ada….
  84. HIM 1747: Dengan ini anak² dan org dewasa jadi tau penyebab longsor dan anak² bisa mencegahnya
  85. Sahabat musik: Hati” semoga kita dalam lindungan yg kuasa 😊
  86. wanoy chanel: Jaga terus kelestarian agar terhindar dari bencana seperti longsor
  87. I mp: 2019 tetap waspada bencana ya
  88. Tetey: Semarang harus segera antisipasi jaga lingkungan
  89. aisyah tv: 2019 rawan bencana dmna2
  90. pushi pushi: 2019 nihh bumii sudah tua
  91. Acuy: Longsor terus waspadalah waspadalah 😁
  92. Putri Ayu: Saya akan share ke warga” saya di desa, berguna bgt ini videonya
  93. Jerry Giraldi: Semoga di semarang terhindar dari bencana longsor, nice vid btw
  94. Dwi Cahyani: Sukaaa sii sama video bencana longsornyaa <3
  95. Lamno TV: Semarang siap siaga, semoga kita terhindar dari semua bencana ya salam knal kawan +1 salkomsel ya
  96. Yaya Vian: Media yg tepat anak2 pun jg paham cara melestarikan lingkungan & kita jg harus peduli. Mantaappp 👍

—————–

Kami mengucapkan selamat kepada kelompok Blessings sebagai peraih Juara Terpopuler LAMB 2019, dan keputusan juri dan penyenggara LAMB 2019 bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Semarang, 28 Oktober 2019

TTd

Penyelenggara LAMB 2019

———————————————–

Juara kelompok SD/MI/SMP/MTS diumumkan pada saat acara penganugerahan

Juara kelompok SMA/MA/SMK diumumkan pada saat acara penganugerahan

Juara kelompok Mahasiswa/Umum diumumkan pada saat acara penganugerahan